Biaya Pembuatan Paspor di Beberapa Negara dan Keuntungannya

Kebutuhan dokumen keimigrasian, khususnya paspor seakan tidak ada habisnya. Pasalnya, masyarakat mancanegara haus akan kegiatan berwisata keluar negeri. Tidak hanya wisata, kepentingan seperti bekerja maupun melakukan suatu kegiatan juga sering dilakukan. Oleh karena itu, masyarakat mancanegara membutuhkan paspor. Paspor digunakan sebagai identitas seseorang ketika sedang berada diluar negeri.

Harga pembuatan pasporpun cenderung berbeda disetiap negara. Hal ini juga dipengaruhi oleh kurs mata uang dari masing-masing negara. Tidak hanya itu, bahan serta fitur-fitur yang terdapat dalam paspor juga menentukan biaya pembuatannya. Berikut ini daftar harga paspor dari beberapa negara beserta keuntungannya ditinjau dari media massa:

  • Indonesia



Kemudahan dalam era reformasi birokrasi seperti saat ini menjadi keuntungan bagi masyarakat. Pasalnya, masyarakat tidak perlu menunggu lama dalam pengurusan dokumen keimigrasian, khususnya paspor. Kemudahan dalam mengurus paspor kini kian diapresiasi masyarakat. Tidak perlu berlama-lama, cukup tiga hari setelah pembayaran, masyarakat sudah bisa menggunakan paspor dan melancong ke luar negeri.

Menelaah kepada Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, biaya pembuatan paspor yang harus dibayarkan masyarakat terhadap pelayanan keimigrasian terhitung sejak tanggal 3 Juli tahun 2014, yaitu sebagai berikut :


Dengan ditentukannya tarif pembayaran biaya dokumen perjalanan keimigrasian tersebut, transparansi dalam sistem birokrasi kian terwujud. Pembayaran biaya pengurusan pasporpun kini bisa dilakukan melalui bank. Selain itu, sistem antrean online tengah diterapkan, sehingga masyarakat dapat menghemat waktu dan biaya dalam pembuatan paspor.

Tidak hanya itu, dengan melakukan registrasi di Kedutaan Besar Jepang maupun di Konsulat Jenderal Jepang pengguna E-passport kini bisa melancong ke Jepang tanpa visa selama 15 hari. Peraturan ini sudah diberlakukan sejak 1 Desember 2014 yang lalu.

  • Australia

Dilansir dari ladible.com, warga Australia yang ingin membuat paspor dikenakan biaya hingga 162,4 pound sterling atau setara Rp2,97 juta per buah. Tak ayal paspor Australia pun didapuk menjadi salah satu paspor termahal di dunia. Harga pembuatan paspor di Australia ini naik pada awal tahun 2018. Di tahun lalu, harga pembuatan paspor Australia 159,59 pound sterling. [1]

Pada proses pembuatan paspor di Australia terdapat kemudahan bagi warga negaranya, yaitu pembuatan paspor prioritas. Pembuatan paspor ini hanya memakan waktu dua hari dibandingkan waktu normalnya, yaitu tiga minggu. Selain itu biaya pembuatan akan dikembalikan apabila dalam waktu dua hari pembuatan paspor tidak dapat terlaksana. Pembuatan paspor prioritas ini tentunya dilaksanakan setelah pemohon membayar biaya dan melengkapi persyaratan.

Selain itu, bagi pemohon yang tidak dapat mengambil paspor secara langsung, maka pihak Imigrasi Australia dapat mengirimkan paspor tersebut sesuai dengan alamat yang tertera. Hal ini tentunya memberikan dampak yang baik bagi pemohon dengan kegiatan padat.[2]

  • Jerman

Jerman sempat mendapatkan julukan negara yang mempunyai paspor terkuat di dunia. Pasalnya Jerman warga Jerman dapat menikmati fasilitas bebas visa di 176 negara yang ada di dunia. Warga Jerman hanya membutuhkan visa saat berkunjung ke negara Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang.[3]

Selain itu, Jerman memberikan paspor terhadap anak berkewarganegaraan ganda yang lahir setelah tanggal 1 Januari tahun 2000 dengan syarat orang tua mempunyai izin tinggal tetap setidaknya selama 3 tahun dan sudah tinggal di Jerman sekurang-kurangnya selama 8 tahun.

Negara Jerman merupakan anggota Uni Eropa sehingga setiap warga negaranya bebas melakukan perjalanan antar negara Uni Eropa dengan hanya menggunakan paspor. Sedangkan untuk biaya pembuatan paspor sendiri, warga Jerman yang berumur diatas 24 tahun ditaksir 60 euro dan dibawah umur 24 tahun dikenai biaya sebesar 37,50 euro.[4]

  • Singapura




Selain Jerman, Singapura merupakan salah satu negara yang pernah menyabet gelar paspor terkuat di dunia. Hal ini diungkapkan oleh Managing Partner of Henley & Partners Singapore and Head of Southeast Asia, Dominic Volek, yang mengatakan bahwa Jepang dan Singapura menempati peringkat pertama dalam Henley Passport Index secara global.

Singapura tercatat memiliki akses bebas visa terhadap 180 negara. Hal ini dikarenakan Singapura menjadi salah satu wadah investasi bagi kawasan Asia Tenggara. Selain itu, Singapura memiliki peranan penting untuk kawasan Asia secara keseluruhan. Hal ini pulalah yang menambah kekuatan paspor Singapura.[5] Kemudian, untuk pembuatan paspor sendiri, dibanderol dengan harga sebesar 70 dolar. Pembayaran dapat dilakukan dengan secara online, melalui email dan ICA deposit box dengan kredit atau debit.[6]

  •  Jepang




Paspor Jepang sekarang menawarkan bebas visa kepada warga negaranya ke 189 negara. Hal ini dikutip dari Straits Times. [7] Dalam segi fitur, Jepang mempunyai fitur dual languange, yaitu Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris, kecuali pada bagian halaman terakhir. Hal ini tentunya sangat memudahkan warga negara Jepang dan petugas Imigrasi yang ingin memeriksa paspor.

Selain itu terdapat fitur catatan khusus dari Menteri Luar Negeri Jepang yang menyatakan kalimat untuk memudahkan melewati suatu negara dan diperlakukan sesuai dengan norma internasional. Secara tidak langsung, hal ini menjadi jaminan bagi warga negara Jepang untuk dapat melintasi suatu negara. Kemudian, harga pembuatan paspor Jepang ditaksir 18.000 Yen.[8]




[1] https://www.dream.co.id/news/paspor-jepang-terkuat-geser-dominasi-singapura-1805235.html
[2] https://en.wikipedia.org/wiki/Japanese_passport

[3] https://www.dream.co.id/news/paspor-jepang-terkuat-geser-dominasi-singapura-1805235.html
[4] https://www.ecitizen.gov.sg/Passport-How-to-apply-and-renew.html

[5]https://internasional.kompas.com/read/2017/03/17/15524031/paspor.jerman.terkuat.di.dunia.indonesia.peringkat.ke-67
[6] https://en.wikipedia.org/wiki/German_passport

[7] https://www.liputan6.com/bisnis/read/3227051/termahal-ketiga-di-dunia-berapa-ongkos-bikin-paspor-australia
[8] https://www.passports.gov.au/urgent-applications




0 Response to "Biaya Pembuatan Paspor di Beberapa Negara dan Keuntungannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel